Mari Mengenal Saham Bukalapak, Unicorn Pertama Melantai di BEI

engenal Saham Bukalapak

Berbicara tentang dunia saham dan investasi, tentunya menarik bagi kaum muda. Beberapa tawaran produk investasi seperti emas, reksadana, deposito, dan juga saham menjamur di berbagai platform. Yang resikonya paling besar tetapi paling populer tentunya adalah saham. Transaksi jual beli saham di Indonesia diatur oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan dalam penyelenggarannya diawasi oleh OJK.

Ada banyak perusahaan yang melantai di bursa saham untuk mendapatkan suntikan dana dari publik. Misalnya saja berbagai perusahaan konstruksi memiliki kondisi saham yang cenderung stabil seperti ADHI, WIKA. Ada juga saham perbankan seperti BBRI, BMRI, BBNI, BBCA, dan juga yang lainnya. Ada juga saham unicorn yang baru melantai di bulan Agustus 2021 ini yaitu saham Bukalapak.

Sebelum lanjut membahas tentang saham ini, perlu diketahui bahwa syarat suatu perusahaan untuk dapat menawarkan sahamnya ke publik mempersiapkan berbagai dokumen, meningkatkan penjualan, dan lain sebagainya. Setelah itu semua dokumen tersebut akan diajukan ke BEI dan diverifikasi untuk mendapatkan izin IPO (Initial Public Offering). Jalan yang dilalui juga cukup panjang.

Keuntungan Bagi Perusahaan Go Public (IPO)

Dalam dunia saham, ada berbagai keuntungan jika mampu melakukan Public Initial Offering atau Go Public. Beberapa keuntungan yang didapatkan diantaranya:

Akses dari pendanaan publik

Tentunya setiap perusahaan membutuhkan modal dalam mengembangkan usahanya. Inti dari pasar modal adalah adanya investor yang percaya dengan menanamkan modal atau sahamnya. Sedangkan perusahaan membalasnya dengan memberikan kinerja dan keuntungan yang baik bagi para pemodal. Mendapatkan dana dari publik tentu akan mempermudah perusahaan dalam mencari uang daripada harus meminjam di bank.

Memajukan citra perusahaan

Perusahaan yang sudah mampu mendapatkan pendanaan publik tentu harus sudah dapat dipercaya dan memiliki kinerja yang baik. Maka dari itu publik akan berani menginvestasikan dananya pada perusahaan. Untuk itu citra usaha yang baik sangat penting dalam membangun ini.

Menambah kepercayaan perbankan jika ingin mengakses pinjaman bank

Tentunya apabila sudah memiliki portofolio baik di mata publik, maka tingkat kepercayaan bank akan semakin tinggi dan sedikit lebih mudah memperoleh kredit.

Mengenal Saham Bukalapak

Menariknya adalah salah satu start-up unicorn pertama dan terbesar yang ada di Indonesia akhirnya membuka IPO untuk harga saham perusahaannya. Ia adalah Bukalapak sebagai salah satu e-commerce tersukses di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri belum ada unicorn dan e-commerce yang membuka sahamnya untuk masuk bursa saham. Maka dari itu Bukalapak sebagai pionir tentu disambut antusias oleh masyarakat.

Saham dengan kode BUKA ini juga sukses mendapatkan kenaikan harga saham yang tinggi meskipun beberapa hari belakangan sahamnya juga sempat anjlok ke titik terendah. Pada saat awal go public, Bukalapak menjual saham Rp. 850 perlembarnya dan sempat naik hingga harga Rp. 1.300-an. Meski saat ini mulai turun kembali karena banyak investor yang menjualnya disaat harganya begitu tinggi.

Sebenarnya di Indonesia sendiri saham dari dunia bisnis teknologi digital masih baru saja dimulai. Berbeda dengan Wall Street yang memang variasi sahamnya didominasi oleh start-up digital. Maka dari itu perjuangan para usaha digital seperti Bukalapak tentu mengalami jalan yang panjang dan masih akan berfluktuasi.

Belum lagi akan ada banyak saingan perusahaan serupa seperti GoTo, Traveloka, Ruangguru, dan juga rintisan perusahaan start-up lainnya. Maka dari itu dengan persaingan yang ketat nantinya Bukalapak juga harus menyiapkan diri sebagai salah satu e-commerce yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia.