Inilah Efek Samping Vaksin yang Harus Diwaspadai

Efek Samping Vaksin

Sama halnya dengan jenis imunisasi atau vaksinasi pada umumnya, vaksin covid juga memiliki efek sampingnya sendiri yang berbeda-beda. Walaupun begitu, Anda tetap harus melakukan vaksinasi covid untuk kesehatan dan meminimalisir jumlah penularan virus covid tersebut. Efek samping yang terjadi pada setiap orang tidak sama, dan biasanya gejalanya ringan saja.

Efek samping yang biasa terjadi pada orang yang sudah divaksin berbeda-beda, dan efeknya pun jauh lebih kecil dibanding dengan manfaat dari melakukan vaksin itu sendiri. Beberapa efek samping yang biasa terjadi pada vaksinasi adalah berupa demam ringan, mual, nyeri akibat suntikan dan sebagainya.

Gejala ringan tersebut masih terbilang normal dan wajar menurut medis, dan bisa diatasi dengan konsumsi obat tertentu yang sesuai dengan gejalanya apa saja. Walaupun gejalanya ringan tapi bisa saja gejalanya bertambah atau menjadi berat. Apabila hal itu terjadi maka Anda disarankan untuk datang ke dokter atau pelayanan kesehatan.

Efek Samping Vaksin

Ada beberapa efek samping yang biasa terjadi pada seseorang yang sudah divaksin, diantaranya yaitu:

Sakit Kepala

Sebagian orang yang baru divaksin akan mengalami sakit kepala dan ini masih terbilang normal. Cara mengatasinya adalah dengan beristirahat saja seharian dan tidak usah minum obat sakit kepala. Kecuali jika sakit kepala berlanjut dan menjadi parah.

Demam

Sama halnya dengan sakit kepala, efek samping yang satu ini juga lumrah terjadi. Apabila hal ini terjadi maka segera minum obat penurun panas kemudian istirahat. Sekitar 4 sampai 7 jam kemudian demam pun akan mereda dengan sendirinya. Jika demam terjadi lebih dari 3 hari barulah Anda bisa menghubungi dokter.

Mengantuk

Banyak orang yang mengaku mengantuk setelah vaksin dan hal itu juga masih merupakan kondisi yang normal. Ketika Anda mengantuk setelah vaksin maka tidur saja supaya tubuh kembali segar. Kondisi mengantuk ini biasanya tidak akan berkelanjutan.

Mual dan Mutah

Efek samping lainnya setelah vaksin yang juga masih wajar dan normal adalah mual dan muntah. Usahakan untuk terus minum air putih jika terjadi mual dna muntah, supaya tubuh tetap terhidrasi. Kondisi ini biasanya jarang sampai berlanjut, sehingga Anda bisa menghubungi dokter jika badan terasa lemas.

Nyeri pada Lengan

Nyeri di lengan setelah vaksin juga hal yang biasa terjadi, dan jarang sampai berkelanjutan. Istirahat yang cukup saja untuk mengatasinya.

Alergi

Apabila Anda mengalami alergi setelah vaksin berupa gatal-gatal maka bisa segera menghubungi dokter, jika belum reda setelah 1 hari.

Nyeri sampai Bengkak

Nyeri di lengan ketika sudah vaksin adalah hal yang biasa, tetapi jika terjadi pembengkakan di area lengan maka Anda harus segera datang ke dokter.

Alasan munculnya efek samping setelah vaksin adalah, adanya pengenalan yang tepat dari obat vaksin pada tubuh. Serta reaksi dari kekebalan tubuh pada vaksin tersebut. Efek sampingnya juga menunjukkan bahwa obat vaksinnya sedang bekerja di dalam tubuh. Sifat dari vaksin itu sendiri memang untuk mengajarkan sistem kekebalan pada tubuh.

Vaksin juga sedang mengenali virus corona yang masuk ke dalam tubuh, sehingga saat virusnya masuk tubuh sudah mengenali virus tersebut dan mengatasinya dengan baik. Vaksin tak akan membuat tubuh menjadi terinfeksi kemudian menularkan pada orang lain.

Itulah beberapa efek samping yang biasa muncul setelah vaksin, tetapi tidak akan membahayakan tubuh sehingga jangan takut untuk divaksin.