6 Jenis-Jenis Backlink Untuk Optimasi Website

6 Jenis-Jenis Backlink Untuk Optimasi Website

Jenis-Jenis Backlink Untuk Optimasi Website – Mungkin istilah backlink masih menjadi hal yang asing bagi anda yang baru memasuki dunia website atau blog. Backlink merupakan faktor yang cukup penting dalam mengoptimasi sebuah website agar berada pada halaman pertama pada mesin pencarian. Sehingga website bisa mudah ditemukan oleh banyak orang. Backlink merupakan tautan yang nantinya akan mengarah pada website anda. Jika backlink ini disebarkan ke berbagai website atau blog yang populer, tentu ini akan memudahkan banyak orang mengakses website anda. Namun perlu anda ketahui jika Google telah meningkatkan kemampuannya dalam menelusuri backlink spam. Jadi anda harus benar-benar memahami jenis-jenis backlink apa saja yang mampu mengoptimasi website anda menjadi lebih dikenal banyak orang.

6 Jenis-Jenis Backlink Untuk Optimasi Website
6 Jenis-Jenis Backlink Untuk Optimasi Website

Jenis-Jenis Backlink Untuk Optimasi Website

1. Blog Comment Backlink

Jenis-jenis backlink ini sangat mudah didapatkan. Anda bisa mencari pada website yang memiliki konten-konten artikel didalamnya dan terdapat kolom komentar pada bagian bawah. Anda bisa menempatkan link website anda pada kolom komentar tersebut. Namun perlu dipahami jika tidak semua website yang memiliki artikel dapat dikomentari. Karena itu carialh website dengan konten atau tema sejenis dengan website yang anda miliki. Dan yang paling penting adalah memilih website dengan otoritas tinggi, low outbound link dan bersifat difollow.

2. Link Profile Backlink

Jenis backlink ini juga mudah didapatkan, umumnya dapat ditemukan pada social media maupun pada akun tempat mendaftar dalam sebuah komunitas. Caranya sangat mudah anda bisa mengisi biodata lengkap pada setting profile. Dalam pengisian biodata akan terdapat kolom pengisian link website. Jika anda mengisi kolom tersebut maka anda sudah memiliki backlink dari profil social media.

Baca Juga :  Jangan Bingung, Ini 5 Cara Cepat Blog Diterima Google Adsense

3. Social Bookmark Backlink

Bisa dikatakan jika social bookmark backlink menjadi salah satu yang paling populer dari jenis-jenis backlink lainnya. Anda bisa menggunakannya untuk optimasi website milik anda. Sesuai dengan Namanya, jenis backlink ini digunakan sebagai tempat menyimpan atau menandai banyak daftar website. Karena akan banyak pengguna yang tau, inilah yang membuat social bookmarking dijadikan lahan untuk melakukan spam backlink. Situs yang bisa digunakan sebagai social boorkmarking sites adalah Pinterest, Reddit, dan masih banyak lainnya.

4. Contextual Backlink

Untuk bisa mendapatkan jenis backlink ini, cukup dengan membuat postingan artikel saja. Dimana pada artikel tersebut anda bisa menyisipkan link yang nantinya akan mengarahkan pada halaman situs website. Jadi dalam hal ini, yang pertama harus and acari adalah website yang memiliki fitur CMS atau Content Management System.

5. Image Sharing Backlink

Image sharing backlink bisa didapatkan dengan cara pemilik web mengupload foto atau gambar saja. Kemudian diberikan deskripsi singkat tentang gambar tersebut. Jangan lupa untuk meletakkan link website pada kolom deskripsi. Anda juga bisa menempatkan link pada kolom komentar jika website tersebut menyediakan fitur semacam ini.

6. Document Sharing Backlink

Jika anda ingin mengunggah dokumen pada sebuah website penampung dokumen, maka anda bisa menempatkan link pada dokumen dengan format words, excel, powerpoint, atau pdf. Setelahnya, anda hanya perlu mengupload dokumen tersebut pada situs penampung dokumen. Dengan begitu anda bisa mendapatkan jenis backlink ini.

Itu tadi beberapa jenis-jenis backlink yang cukup populer dan berkualitas serta banyak digunakan oleh para blogger maupun pengguna website. Dengan menggunakan cara diatas, anda bisa memenuhi kebutuhan bisnis anda. Menerapkan Teknik penggunaan backlink yang tepat tentu akan membuat website bisnis anda bisa semakin dikunjungi banyak orang. Otomatis akan membuat trafik pengunjung website anda bisa semakin bertambah.

Baca Juga :  Tips Menabung 10 Juta Paling Cepat dan Mudah